Wednesday, 25 April 2012

Sudah Selesai

Tiga tahun hidup gue di SMA Santa Ursula BSD sudah selesai (iyakah?). Hari Kamis lalu, tanggal 19 April, gue menyelesaikan empat hari yang menjadi penentu kelulusan gue. Belum, belum diumumin (wong baru juga selesai!). Pengumumannya tanggal 26 Mei, kurang lebih.

Walau semua sudah selesai, gue menjadi pengangguran ria seperti tiga tahun yang lalu (dan hasilnya gue melahirkan blog gaje ini), entah kenapa jauh di dalem diri gue, rasanya semua belum selesai. Mungkin karena gue depresi dengan ujian Biologi yang talala trilili pengen saya makan kertas soalnya. Susah. BANGET!

Dari empat hari tanpa pacar (dan sempat satu malam insomnia sendirian), hari terakhir adalah hari yang paling bikin depresi. Udah ujian kimianya yang keluar teori semua, ujian biologinya yang keluar saya ga tau semua gitu jawabannya. Bener-bener kalo gue bisa teleport ke tempat lain, gue pengen teleport ke atas pesawat yang lagi terbang di atas Laut Bali dan gue pengen jatuh bebas. Gue yakin laut bakal dengan senang hati mengambil nyawa dan tubuh gue.

Gue udah ga tau harus ngapain, jadi semuanya gue serahkan kepada Tuhan... :'(

Gue udah ga peduli dengan nilai, yang penting gue lulus. Yang penting hutang gue terbayar lunas. Terimakasih atas tiga tahun penuh derita ini dan empat hari yang waktu itu gue minta.

Hiraukan satu paragraf di atas tadi.

Gue mau mengenang apa aja yang udah terjadi selama tiga tahun terakhir, tiga tahun yang mengubah gue.

Perjuangan masuk SMA Santa Ursula BSD ini ga tanggung-tanggung susahnya. Mana waktu itu karena angkatan gue di SMP banyak banget, diadakan sistem poin sama Suster. Buat mereka yang mau masuk SMA Santa Ursula BSD, haruslah berkelakuan baik, karena tiap pelanggaran tata tertib yang dilakukan akan membuat kami mendapat poin "minus" yang akan membuat kami rada seret masuk SMA Sanur. Soal mines ini, gue pernah kena mines satu gara-gara telat masuk kelas waktu istirahat. =,=a

Di SMA ini, gue mengalami cinta yang bertepuk sebelah tangan kepada Matematika (iya, pelajaran matematika). Sedari SD, gue CINTA MATI sama pelajaran satu ini. Gue demen ngitung. Tapi, entah kenapa, di SMA, gue sangat kesulitan untuk mengerti matematika. Jenuhkah ia dengan cintaku? *dilempar busur* Intinya, nilai matematika gue ga pernah bagus, kecuali kalau yang ngajar bikin soal Pak Frans, Bu Lusi, atau Bu Danik.

Gue juga mengalami galau memilih jurusan. Ortu MEMAKSA gue masuk IPA, padahal gue maunya masuk IPS karena gue pengen ambil pariwisata aja buat kuliah. In the end nilai gue ternyata cukup buat masuk IPA dan mau ga mau gue kudu masuk ipa. Padahal akhirnya gue daftar di Le Cordon Bleu buat ambil Culinary Management (yang termasuk ke dalam ilmu dalam bidang perhotelan). JADI BUAT APA GUE KETEMU UAN BIOLOGI KEMAREN???!!!???!! *masih depresi*

Di kelas 11 gue memecahkan rekor dua kali kena paratipes stadium parah dan satu kali kena tipes. Terima kasih kepada penyakit ini, gue ketinggalan banyak pelajaran di saat-saat sekolah lagi supersibuk.

Di SMA ini gue juga menyadari kalau sakit hati yang teramat sangat bisa bikin orang mati rasa. Lumayan epic juga waktu itu, gue mati rasa rada dua bulan lebih. Nonton Harpot 7 part 2, bagian ngeliat masa lalunya Sev, harusnya gue nangis malah melototin layar bioskop sambil mikir "gue mau nangis, dong". Yang paling ga enak adalah pas gue pergi live in, gue masih mati rasa. Harusnya adegannya macem di "Jika aku menjadi" dan nangis kayak di "Termehek-mehek", gue hanya bisa meratapi keadaan dimana ibu angkat gue nangis kayak di "Termehek-mehek" dan gue melukin si ibu dan adek gue dengan muka poker facenya Kristen Stewart.

Sekarang sih gue sudah "kembali normal", tapi kalau gue mau kembali ke "emotionless mode" lagi bisa, kapan aja di mana aja. Lumayan untuk menghilangkan mood-mood jelek.

Apa lagi ya? OH IYA! KE BALI! Uhuy!

Tiga tahun gue hidup di Sanur, cuma angkatan gue yang berhasil jalan ke Bali. Angkatan kakak kelas batal, angkatan adek kelas sepi peminat. Mungkin karena di angkatan kakak dan adek kelas gue, gue ga ikut kali, ya? Hahaha. *dilempar ban pesawat*

Di SMA ini gue jadi manusia superkepo. Tiap ada kegiatan, gue selalu jadi panitia. Walau bukan panitia inti, sih (bangsanya ketua panitia, bendahara, dan tralala lainnya), tapi panitia kecil-kecilan yang ga kalah mendukung berjalannya acara, malah kalo ga ada panitia ini, acara bisa berantakan. Panitia apakah? Panitia perlengkapan! Mungkin kalau di mana-mana, yang namanya panitia perlengkapan itu cowo-cowo keker, berotot, di Sanur, walau memang cowo lebih mendominasi, tapi gue dan my best friend forever, Della, selalu siap sedia daftar di panitia perlengkapan. Dasar cewe-cewe perkasa. Tapi, semenjak gue dapet si pacar (kamera), gue pindah ke panitia dokumentasi. Ga kalah capek sama perlengkapan, malah capek banget, kudu standby sepanjang acara. Kalau perlengkapan kan cuma di awal dan akhir doang kerjanya.

Ngomong-ngomong soal dokumentasi, terima kasih kepada si Cewe Ganteng, Vivi, yang sudah mengusahakan berdirinya Tim Fotografi Sanur. :D

Sanur mengajarkan gue untuk bekerja di bawah tekanan. Ini iya banget! Walau kadang kalo tekanannya terlalu besar, jadi benyek gimana gitu deh. Salah, bukan teakanan yang itu! Tekanan mental! Dikasih tugas seabrek-abrek, kudu dikerjain dalam berapa hari doang. Manteb deh, lembur tiap malem ngerjain tugas! Kurang tidur, neguk kopi dua gelas, maag kambuh tiap sebentar, weekend jarang ke luar rumah. Makanya tiap ada waktu luang gue pergunakan semaksimal mungkin untuk istirahat, peduli amet nyokap ngamuk-ngamuk. Thank God saya ga perlu begadang buat ngerjain tugas lagi.

Tiga tahun terakhir ini sepertinya gue menambah "bakat". Entah menambah atau sekedar "memperkuat", gue ga tau. Yang pasti kekuatan pikiran gue udah kelewat powerful  dan intuisi gue kelewat akurat. Sepertinya mata ketiga gue lagi melek-meleknya. Sebenernya bakat ini sangat berguna buat dipake kalau ulangan. Sayangnya, kelas program IPA membuat gue jadi orang yang perfeksionis dan selalu wajib memikirkan sesuatu sebelum melakukannya, jadi kalo intuisi gue bilang jawabannya A, gue pasti mikir-mikir dulu, lalu gue debat sama diri sendiri, lalu akhirnya gue milih C, dan waktu dibahas, ternyata bener jawabannya harusnya A, lalu gue akan sakit hati seharian mengutuki kemampuan gue ini. Gue juga jadi sangat sering deja vu, tidak berlaku kalo gue lucid dreaming. Gue juga jadi gampang"diikutin", tapi akhir-akhir ini gue udah ga ngerasain ada yang ngikutin. Entah gue jadi agak kurang peka kali, ya, gara-gara sibuk belajar.

Selain "bakat", i consider myself "lucky", though most of the time gue kebanyakan mikir, jadinya luck gue ga gitu ngaruh. Yang paling indah adalah ketika lagi sibuk-sibuknya tryout dan kelas gue kena epidemi cacar air. Kalau ga salah berawal setelah libur Imlek, ada seorang teman yang kena cacar. Waktu anaknya masuk, dia udah sembuh, bersih, tapi ga tau kenapa, beberapa hari (atau agak semingguan), ada dua orang yang kena. Lalu mereka sembuh, agak berapa minggu, ada lagi yang kena, lalu terus begitu sampai korban ke enam atau tujuh, gitu. Sebenernya gue udah mulai parno pas temen-temen pada kena cacar gitu. Kenapa? Karena seumur hidup saya belom pernah kena cacar air! Untungnya, gue ga kena samsek. Padahal gue duduk di sekitar mereka yang kena cacar.

Di tahun terakhir ini, entah kenapa gue sering mimpi tentang kematian. Lebih tepatnya, kematian yang ga capek-capeknya ngejar gue. Sampe sekarang gue masih kepikiran. Petanda, kah?

Di masa-masa tryout, gue menemukan doping paling tepat buat gue kalau harus begadang. Saking hebatnya itu benda satu, gue jadi insomniaan selama tryout. Benda apakah itu? Teh.  Teh Cap Botol, lebih tepatnya *promosi*. Gue ga tau kenapa pada akhirnya teh yang bisa bikin gue melek semaleman. Bukankah kafein dalam teh lebih sedikit dibanding kopi? Gue neguk kopi dua gelas tetep ngantuk, tapi minum teh ini seperempat gelas aja udah cukup buat bikin gue melek semaleman.

Yang paling unforgettable adalah berdirinya PKK, Perkumpulan Kurang Kerjaan, yang isinya anak-anak kurang kerjaan yang demen ngelawak. Tapi, sedari naik kelas xi, PKK untuk sementara berubah menjadi Perkumpulan Kebanyakan Kerjaan gara-gara kerjaan dari Sanur banyak banget yang kudu diberesin, alhasil kami menggila bukan dalam rangka ngelawak, tapi bener-bener dibuat gila oleh tugas!

Ah, ga lupa gue berhasil menangin lomba. Seumur gue sekolah, gue sangat jarang ikut olimpiade atau apapun. Dulu waktu SD gue ikut lomba paduan suara sama lomba rekorder. Sering menang. di SMP ga pernah, di SMA gue ikut lomba robotik. Dua kali ikut, sekali menang, juara satu pula. Harusnya waktu itu lombanya sekelompok berdua, tapi yang kerja cuma gue doang!! Pertama kali seumur hidup gue terlalu konsen sama apa yang gue kerjain sampe  lupa makan. Dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore gue ga makan. Tapi akhirnya menang, ga nyesel. Lomba lain yang gue ikuti adalah lomba masak di Olympitus, kegiatan olimpiade yang diselenggarakan OSIS. Nama lombanya Sachet, Sanur Chef Tournament. Satu kelas mengirimkan satu kelompok yang isinya empat orang. Gue dipercaya buat ngewakilin kelas gue di dapur bersama Diana, Widi, dan Tabe. Lombanya dibagi tiga, bikin masakan sesuai tema yang ditentuin, bikin sambal, dan identifikasi bumbu masak. Kami wajib membuat makanan dari singkong. Kelompok gue bikin bakwan singkong yang isinya tenggiri dan udang. Buat identifikasi bumbu gue mempercayakan Diana dan Tabe (berhubung ilmu perbumbuan gue sangat minim) dan gue dan Widi bertugas bikin sambel. Ga disangka-sangka ternyata juri dan panitia sangat menggemari masakan gue dan sambel gue. Ga lupa Diana dan Tabe berhasil nebakin bumbu-bumbu dengan baik, akhirnya kami menang deh, juara satu :D. Dan gue bahagia banget hari itu. Pertama kali bo, menang lomba masak.

Terima kasih kepada semua yang terlibat dalam mewarnai tiga tahun terakhir saya ini. Thank you for the memories :)

No comments:

Post a Comment