Friday, 5 August 2011

Supa' Hectic!

baru dua minggu gue masuk sekolah, gue sibuknya udah ga ketolongan. gue sibuknya bukan sama pelajaran, tapi sama kegiatan. dasar gue anak kepo. pelajaran gue juga udah mulai ngasih tugas n ulangan, sih. tapi ga separah kerjaan gue weekend lalu.

gue kerja hari Sabtu n Minggu. dan terhitung selama dua minggu ini (sampe hari Minggu tanggal 31 nanti), gue pergi ke sekolah bener-bener 7 hari dalam seminggu!

Sabtu dua minggu yang lalu, gue diminta bantuin kelas memasak buat open house. tahun ini kelas memasak kebagian buat open house, unlike tahun lalu yang cuma nongolin kegiatan musik doang. tahun ini, yang ditonjolkan dari kegiatan keterampilan n muatan lokal (alias ekstra kulikuler) di Sanur BSD adalah tentang KEWIRAUSAHAAN. yep, jiwa bisnis kami mau ditonjolkan. sepertinya suster mau menunjukkan ke para ortu murid kalau di Sanur BSD ini anak-anak diajarkan untuk berbisnis. jadi, buat ortu yang pengen anaknya ngelanjutin bisnis keluarga, ga usah pusing-pusing. anaknya udah diajarin bisnis di masa SMP/SMA. jadi, nanti pas kuliah udah lebih gampang! :D

eniweiiisss, event kali ini gue direkruit oleh kelas masak. kalau misalnya gue ga masak, gue yakin udah disuruh motret. gini dah sekarang. siapa cepat dia dapat (gue). kalo ada event yang nongolin memasak sama tim dokumentasi, siapa cepat menghubungi gue n ngebooking gue buat kerja di sanalah yang memiliki gue. *diperebutkan dua kelompok*

kemaren aja setelah briefing pertama kali buat anak-anak yang kerja buat open house, gue dipanggil Bu Eri, disuruh motret. padahal gue kan udah di masak. dan sepertinya Bu Eri belom tau kalau yang ngurusin dokumentasi cuma Shasha.

persiapan anak memasak dimulai dari hari Jumat. ga mungkin banget kami mulai persiapan hari Sabtu pagi, karena kudu nyeidain lebih dari 300 hidangan per jenis makanan.

menu yang kami sajikan buat open house tahun ini adalah Banana Cake, Choux with Assorted Fillings, and Cakue Udang Dua Rasa.


kami, 20 orang koki-koki (yang udah enggak) kecil (-kecil amet), membentuk tiga kelompok kecil, sesuai menu, dan bertugas menghasilkan delapan porsi. yep, DELAPAN.

gue kebagian bikin Banana Cake. tahun lalu kelas memasak udah pernah ini kue, jadi sebenernya harusnya sih lebih gampang buat gue. tapi, berhubung di tengah lagi siap-siap bahan, gue dipanggil buat briefing acara hari Minggu, ke Ragunan.

after the briefing, gue kembali n ngebantuin anak-anak nyediain terigu dulu, terus bantuin mixer. rada terburu-buru kemarin itu gara-gara anggota kami cuma 6, adonan yang kudu dimixer ada tiga (dua adonan jadi satu tempat), berakhirlah gue mixer sendiri tanpa asisten. ngemixer itu enaknya berdua. satu mixer, satu lagi bantuin nyatuin adonan ke tengah-tengah baskom pake spatula biar rata. selain itu, asisten juga bisa bantuin masukkin bahan-bahan selanjutnya yang perlu dimixer.

berhubung keterbatasan tenaga kerja, gue mixernya rada kelamaan, bahkan ending-endingnya ada Della, Irene, n Ruth yang ngebantuin gue dkk.

setelah selesai mixer, langsung cepet-cepet campurin jus pisang, lalu masuk oven deh.

sembari menunggu, gue diberikan pekerjaan mencuci. jujur aja, gue paling males cuci-cuci (hahaha). ga demen basah-basahan bareng sabun cuci piring yang gimanaaaa gitu rasanya. tapi, mau ga mau gue kudu nyuci juga.

setelah selesai dengan cucian, gue CAPE BANGET! tapi masih kudu nungguin ovenan. alhasil gue nunggu sambil ngobrol-ngobrol sama Kak Nia, guru masak gue, sampe agak jam tigaan baru kelar semua. temen-temen yang lain udah pada pulang. emang dasar gue kerajinan, gue demen lama-lamaan di sekolah.

ehhh, pas mau pulang malah hujan deras. took a while to help Kak Nia n Bu Yanti buat masukin barang-barang ke mobil since it rained cats and dogs! gue pun kembali ke mobil basah kuyup....

Sabtu! gue udah bangun jam setengah empat pagi. ngapain??? gue ngoven pagi-pagi. gue nyedian snack pagi buat anak-anak masak, Cinnamon Toast Rolls. lalu gue berangkat ke sekolah jam lima lewat dikit-dikit. IYA, JAM LIMA! ini pertama kalinya gue ke sekolah jam lima! DI LUAR MASIH GELAP, BO! udaranya kayak di Puncak, pula. berasa gue ke sekolah dari Bandung, dah.

jalanan pun sepi banget! cuma butuh setengah jam buat gue sampe di sekolah. di sana udah ngumpul beberapa orang. yep, kami disuruh ngumpul jam setengah enam buat persiapan lagi. di hari H ini, kami tinggal bikin dua porsi lagi buat sekedar praktek di depan ortu murid yang dateng.

setelah persiapan sana sini, ngatur-ngatur posisi meja, motongin kue, ngisiin chouxnya, ngasih icing, dan gorengin bakwan asam manis sama Bu Yanti, akhirnya kam rada cengo satu jam gara-gara jam delapan, setengah sembilan, orang tua murid belom juga turun dari aula. biasa, dibriefing dulu mereka. :D

akhirnya kami cengo agak lama sampai ada seorang orang tua murid yang nongol di pintu. dan kami bersiap di pos masing-masing.

gue ga disuruh masak sama Kak Nia. disuruh motret aja buat dipajang di FB! (haha). kan gue bawa pacar gue tuh ke mana-mana. akhirnya gue motret-motret sambil bantuin dikit Diana n Gita bikin  Banana Cake yang baru.

kelas masak rame banget! kayaknya semua ortu murid paling tertarik sama kelas masak. dari awal mereka keluar dari aula sampe akhir, sampe kita udah mau beres-beres, tetep aja rame! maaf yaa, buat kelas kegiatan lain. kami tak bermaksud memonopoli pengunjung, tapi.... ya gimana yaa??? XD

and here are some pics!
Bella lagi nggoreng cakue udang


boleh, tante, icip-icip choux nya... :D




Gita n Bu Yanti
Kak Nia!

"Ini ENAK!"


dicuci ya, yang bersih! xD

Kami punya Facebook, lho... monggo di like. nanti bakal ada resep-resep yang diterbitin di sana tiap minggu mulai minggu depan. buat yang demen masak monggo sering-sering mampir... :D

and that's about Open House Santa Ursula 2011.

setelah open house, gw langsung ganti baju n pergi ke pesta ultah temen. gw diminta jadi fotografer~

hari MINGGUnya!
woke up at 3.00. bener-bener kalo udah mulai puasa gw ikutan mbak gw sahur dah! buru-buru mandi n beres-beres buat pergi ke sekolah.

ngapain gue hari minggu sekolah??!! gue (dan 59 murid lainnya) diminta tolong bantu-bantu di acaranya Koran Berani di Raunan. kudu ngumpul di sekolah jam setengah lima atau paling lambat lima kurang lima belas. alhasil gue berangkat dari rumah JAM EMPAT PAGI! bayangin. Jakarta-BSD jam empat pagi.

yang pasti sih jalanan SEPI BANGET! dari rumah gue ke sekolah cuma 25 menit, kali. kalo tiap hari kayak gini di siang bolong, hidup bahagia gue.

terakhir gue keluar rumah jam 4 itu waktu gue mau pergi ke Perth. pesawat gue jam tujuh pagi, so i got to be at the airport jam setengah lima.

kemaren itu, gue berangkat kerja. jam empat pagi....

waktu udah sampe di sekolah, udah rame tuh yang ngumpul. lampu yang dinyalain cuma lampu di hall. jadi, kalo ngeliat dari hall ke ruang doa, rada-rada horor cuz GELAP BANGET!

sambil nungguin yang lain, kami diberi breakfast n minum.

jam lima, kami mulai dikumpulkan buat diberangkatkan. ada dua kloter keberangkatan. yang pertama, naik mobil macem Pregio gitu, yang isinya bisa 16an lebih orang. isinya anak-anak yang ngurusin pendaftaran. tapi, ada juga yang diselipin selain anak pendaftara, seperti gue. dipilih buat berangkat duluan (entah kenapa). kloter kedua naik bus yang gede. berhubung belom dateng, jadi mereka rada ketinggalan berangkatnya.

took only 25 minutes from Sanur BSD to Ragunan pagi itu. SEPI! walo udah agak jam setengah enam. well, nyampe di sana kurang lebih jam enam, lah.

ragunan pun masih sepi. loket tiketnya aja belom buka. di sana udah banyak panitia-panitia dari Koran Berani. setelah bus kedua sampai n anak-anak udah ngumpul semua, kami dibriefing. anak-anak pendaftaran tinggal di pintu depan buat siap-siap, sisanya masuk ke dalam, ke panggung kecil di deket taman rumput yang gede banget. gue ga bisa ngedeskripsiin tempatnya dengan baik, pokoknya di seberang panggung itu ada kandang burung gede banget.

nama acara kami hari itu adalah Walk the Nature, Plant the Trees, diselenggarakan oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemeneg PP dan PA) bersama koran anak BERANI. Acara ini diadakan sebagai peringatan dari Hari Anak Nasional. peserta yang ikut adalah sekitar seribu lebih anak-anak dari berbagai SD di Jakarta. tidak lupa, Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga datang untuk memberi sambutan, ikutan jalan sehat, juga penanaman pohon. ada juga Amel n Kak Amanda (yang waktu itu ada di Paradisa), yang jadi MC.


acara-acara yang diadakan ada jalan sehat, penanaman pohon, dan berbagai hiburan menarik di panggung besar. setelah itu, ada juga permainan seperti bakiak dan tarik tambang.


tugas gue hari itu sebenernya cuma jadi guide. bukan, bukan guide yang ngejelasin ini lho gajah dan bla bla blanya. guide nunjukin jalan biar kaga ada yang nyasar ke kandang buaya pas lagi jalan sehat. setelah itu agak bantu-bantu temen lain yang sepertinya butuh bantuan. lalu gue cengo di akhir-akhir karena dari panitia inti mulai ga jelas ngasih perintahnya. ending-endingnya, gue sama Aletheia keliling-keliling aja di area burung nyariin Kasuari tapi ga ketemu-ketemu. si Ale penasaran kasuari itu bentuknya kayak apa. kalo gue ditanyain gue juga ga bakal tau cuz ga tertarik sama burung. hahaha. 


dan bentuknya ternyata seperti ini...



kami tidak menemukannya.


setelah berkumpul kembali, kami semua langsung naik bus n menuju kembali ke sekolah. capek? sebenernya sih ga kerasa, soalnya gue sangat menikmati pekerjaan gue hari itu. tapi, nyampe-nyampe rumah gue tepar! hahaha.
selain pengalaman yang sangat berharga, kerja dalam tim, gue juga dapet oleh-oleh goody bag isinya snack n koran berani edisi jaman behele (gue bingung kenapa dikasinya edisi berapa bulan yang lalu), plus gue dapet kulit tambah hitam. hahahaha.. tanning di taman margasatwa.... ==a


and a few days after, kami, anak-anak yang pergi ke Ragunan n Ancol (iya, ada yang di Ancol juga tanggal 27), dikumpulkan kembali buat ngisi lembar refleksi. ditanyain apa yang kamu dapat dan lalalala lainnya. lalu, tak disangka-sangka, Koran Berani memberikan tanda terimakasih kepada kami berupa uang.


walo kata Bu Eri jangan anggap itu gaji, tetep aja buat gue itu kayak gaji pertama. (hahaha). secara, dari dulu gue kerja macem begini kaga pernah digaji uang, paling cuma digaji 1 M ato 2 M. "MAKASIH...." dan "MAKASIH, MAKASIH". pake embel-embel "kapan- kapan bantu lagi, ya!"


well, ga peduli uangnya, yang pasti, gue bersyukur banget dapet kesempatan buat terlibat n ngerasain kerja di luar Sanur. betapa kita harus peka n sadar diri harus ngerjain apa tanpa disuruh, cuz kadang atasan kita yang ga peka n anak buahnya diterlantarin aja..... :/


lalu the weekdays berjalan biasa saja. ada pelatihan jati diri dan gue merasa ditipu berkali-kali. ==*


dan hari MINGGU berikutnya datang.
gue kembali bangun jam tiga pagi. rada ngesnooze eh malah gue bangun setengah empat lewat. akhirnya buru-buru mandi n beres-beres, lalu kembali berangkat ke sekolah agak jam empat lewat (gara-gara telat bangun).


ngapain lagi gue pagi banget ke sekolah lagi? again, gue kerja. diminta tolong bantu buat baksos di Bantar Gebang. berhubung gue berangkat buru-buru, gue lupa breakfast. alhasil, belok bentar di McD Alam Sutra buat drivetrhu beli Fille 'o Fish.


sampe di sekolah tepat jam 5. biasa, SEPI! Alsut ke Sanur BSD cuma 7 MENIT! indah ga sih dunia??!!


di sana, kami bantu estafet sembako 1000 kantong dari ruang dapur ke mobil-mobil box yang bakal ngangkut mereka ke Bantar Gebang. lumayan lama tu estafetnya, kami membentuk pagar betis saling silang biar gampang oper-operannya. selesai semuanya, tangan kami ga bisa diangkat. PEGEL!


kerjaan gue hari itu adalah jadi petugas tensi. tugasnya, ya nensiin pasien. pasien yang mau periksa sebelumnya harus ditensi dulu.


kami naik mobil pribadi (milik guru n dokter) buat pergi ke Bantar Gebang. ga mungkin banget naik bus gede cuz kami masuk daerah perkampungan.


perjalanan menuju ke sana agak lama, sekitar satu jam. di perjalanan, gue setengah sadar setengah tidur. rada susah tidur entah kenapa. waktu keluar cibubur, gue rada ngerti jalan cuz itu jalanan mengara ke mekarsari, tapi pas udah masuk daerah Bantar Gebang, gue udah buta karena gue ga pernah ke sana (haha).


waktu sampai di lokasi, gue melihat pemandangan lautan sampah. dan gue berpikir, kok bisa sih orang tinggal di tempat kayak gini? then i realized, mereka tinggal di situ juga bukan karena mereka mau, tapi ga ada tempat lain. mau di mana mereka tinggal? lagipula kebanyakan dari orang-orang di sana kerjanya di sekitar sampah. milah sampah, ngumpulin sampah plastik, nanti dijual. dan uangnya dipake buat ngebiayain kehidupan sehari-hari.


we started working agak 30 menit setelah kami sampai. gue jadi petugas tensi cadangan karena tempat yang terbatas. gue bantu-bantu ngarahin pasien dulu pertama-tama sampe gue capek berdiri n ngegantiin temen-temen yang nensi. pasien yang ditensi ga terlalu banyak tahun ini. ga sebanyak tahun lalu di Tangerang. boro-boro kami istirahat, wong pasien aja udah ngantri panjang ke belakang. petugas tensi tahun lalu ada enam dan keenam-enamnya penuh terus! tahun ini bener-bener sepi.


ada hal menarik yang terjadi di sini. gue diminta tensiin Suster. enggak, gue ga takut, gue ga grogi. ngapain sih grogi??!! dan mulailah gue menensi. dan hasil tensian gue adalah sekian. entah kenapa suster rada-rada ga percaya sama gue, so a few minutes later, she called an alumni, a doctor. minta tolong ditensi ulang. dan hasilnya adalah sekian, lebih rendah dari gue. lalu di sinilah hal menarik itu terjadi. she yelled at me. "KUMAHA NIH? PETUGAS TENSINYA GA BENER NIH!"


JLEB. gue dibilang ga bener.


dasar emang insting gue, gue membela diri. gue bilang, "Kan suster duduk, ngaruh tau, bisa turun."
lalu dia ga percaya.


in the end, gue diem aja daripada gue memecah rekor berantem sama suster (hahaha). iya, gue tipe orang yang ga bakal bisa nyambung sama orang kayak suster. suster itu orangnya kayak nyokap gue, jadi.... ya... begitulah...


temen-temen gue n guru-guru udah ngelus-ngelus pundak gue disuruh sabar. hahaha. padahal gue biasa aja. yasutralah~ biarkan saja :)


anyways, buat sekedar info, tekanan darah kita bisa berubah walo dalam berapa menit sekalipun. misal, lu baru jalan n gerak-gerak banyak n ngomong, terus lu ditensi. bisa aja tekanan darah lu di atas normal dikit. tapi, kalo lu udah duduk, diem, istirahat, ditensi lagi, gue yakin itu turun. hahaha.


kami selesai kerja jam 12an lebih kalo ga salah. setelah beres-beres, kata penutup, dan kami berangkat pulang.


jalan pulangnya lewat Bekasi. dan seperti biasa, GUE SANGAT BUTA ARAH DI BEKASI!! ==a
jadi gue memutuskan buat mencoba tidur aja. di mobil, gue duduk di deket jendela yang kena matahari. alhasil tangan gw kejemur agak satu jam dan sekarang item banget. :(


sampe-sampe di sekolah, kami makan siang dulu, evaluasi, pengumuman, dan pulang.


gue ga langsung pulang, sama bonyok diajak ke mana-mana dulu buat ngurus ini itu. padahal badan gue udah bau sampah (hahaha).


sampe di rumah, gue langsung mandi n sepertinya ga langsung tidur. maklum, hari Senin lalu kan libur awal puasa.


hari seninnya tidak berjalan baik. kalo gue puasa kali udah batal (hahaha). mood gue berantakan dan serantai hal-hal ga enak terjadi. akhirnya gue memutuskan buat tidur aja seharian daripada gue menghancurkan sesuatu dengan energi negatif gue.... ga nahan energi yang keluar dari gue kuat banget sampe bisa ngefek ke macem-macem. apalagi kalo energi negatif yang keluar, gelas bisa pecah dah itu kalo gue pelototin doang... :|


minggu ini di sekolah santai-santai sibuk. ada beberapa kerja kelompok yang kudu gue selesein and today, i'm officially free from anything (for now). at least weekend ini gue ga ada tuntutan apa-apa. bisa istirahat *AKHIRNYA*. cukuplah dua minggu penuh gue ga ada istirahat (hari senen kemaren ga termasuk istirahat, tuh!). minggu ini sebenernya ada ajakan ngajar di Bantar Gebang, di tempat yang sama. anak-anak yg kemaren ikut pada tertarik ikut. i'll pass. gue mau istirahat aja. kasian ini body baru sehat berapa bulan langsung diforsir kerja berat. hahaha.






tinggal seminggu! and i'm still hoping you could come...

1 comment:

  1. Astaga... Yg baca aja udh cape duluan. Sanur kegiatannya seberat itu y. Jadi takut mau masukin anak sekolah disitu. Kawatir jadi kecapean lahir batin deh.

    ReplyDelete