Tuesday, 13 March 2012

Efek Samping Belajar Sejarah

Akibat setres belajar sejarah, modul terakhir sejarah lalu, yang bahannya kelas xi doang, anak-anak pkk membuat sebuah kisah epic terinspirasi dari kiasah kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha Indonesia.

Kisahnya juga terinspirasi oleh kedekatan seorang Elvira Irene Tjahyadi (Vivi) dengan seorang cowok ganteng bernama (Pak) Okky. Vivi menolak dibilang "dekat" (padahal dalem hati juga seneng tuh), tetapi semua anak pkk sudah tahu isi hati Vivi!!!

Vivi membantah gosip "kedekatannya" dengan Pak Okky dengan argumen "Pak Okky kan sudah punya cewe!"

Lalu di sinilah gue (si akar segala ide gila) memulai kisahnya....

Alkisah Maharaja Okky memerintah kerajaan Sanur BSD. Beliau sudah mempunyai seorang istri, tetapi datang Putri Elvira yang cantik jelita. Maka, jatuh hatilah sang baginda raja dan memperistri Elvira.

Untuk menghindari perang suksesi anak-anak dari kedua istrinya, Maharaja Okky membagi Sanur menjadi dua bagian, wilayah SD dan wilayah Auditorium. Anak dari istri pertama mendapatkan wilayah SD dan anak dari Elvira mendapatkan wilayah Auditorium.

Seiring berjalannya waku, anak dari Elvira memperluaa wilayah dengan menaklukkan Pasar Modern BSD. Sayangnya, karena ketidakmampuan keturunan Elvira memerintah dengan baik, maka banyak terjadi pergerakan nasional di Pasar Modern.

Karena terjadi banyak sekali pemberontakan, kerajaan Sanur wilayah Auditorium pun runtuh. Catatan peninggalan sejarahnya tertulis pada Prasasti Yudis Sekar yang terletak di luar candi di sebelah Auditorium.

End.

Prasarti Yudis Sekar itu baru nongol setelah pembahasan modul ketiga KWN, dimana Bapak Rolly van Mangoen tiba-tiba memanggil Yudis dengan sebutan "temannya candi" (berhubung nama lengkapnya Yudis Sekar Prasasti).

Banyak banget yang jadi bahan ketawaan trio anak pkk hari ini (gue, Vivi, Yudis) sebelum tambahan sejarah. Salah satunya adalah tentang Universitas Cairo.

Vivi, sebagai pecinta sejarah, akhirnya memuuskan ngambil kedokteran. Lalu, gue sarankan dia mending ngambil arkeologi. Masalahnya, di Indonesia ga ada univ yang ngajarin arkeologi. Lalu gue nyuruh dia ke Mesir aja. Di mesir yang terkenal adalah Universitas Cairo itu. Univ ini pernah nongol di cerita Ayat-Ayat Cinta. Lalu, gue bilang sama Vivi, "Ntar pas lu masuk ke kampus, tiba-tiba diputerin lagu Ayat-Ayat Cinta, Vi!!" dan lanjut, "Pas sampe ruang kelasnya, dosennya memperkenalkan diri dan memperkenalkan kalo lagu Ayat-Ayat Cinta adalah mars universitasnya."

Kalo gue jadi Vivi yang kuliah di sana sih gue ngumpet di bawah meja... Entah ga tau mau bangga apa malu... XD

In the end, akhirnya yayangnya Vivi sang guru nongol buat ngajarin Sejarah di hall setelah ditungguin sekian lama.

Anak-anak langsung ngerubutin Pak Okky dan kami membentuk kelompok yang udah kayak organisasi pergerakan nasional. Bentuknya sih kayak Boedi Oetomo, perkumpulan pelajar... Terus tiba-tiba ada yang nyeletuk "Sarekat Islam!!!" Hahaha... Jauh, woi, jauh. Itu organisasi dagang!! Kita mo blajar sejarah!! Bukan dagang!!


*siap-siap diteriakin si cewe ganteng deh besok*

4 comments:

  1. Hei kamu di atas awan a.k.a Cohna! Dapet salam dari temennya candi. hahahha.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaaa... prasastiiii!! ai mis yuuu... hahahaha

      Delete
  2. ai miss yu tuuu :3 miss pkk time... ahahhahaha... setiap gw iseng2 nge-search nema gue di google, keluar artikel ini. kangen masa2 modul :")

    ReplyDelete
  3. Damn! 3 years and I've just read it now! Wkwkwkwkwkwkwk.... This is the first thing what will appear whenever people googling my name and the world will see how embarassing it is to be me. Gosh Nia!!!!!
    However, thank you for making me laugh (and making my name exist in search engine. maybe if you hadn't written it, even google wouldn't even find me). I miss you, by the way, and how you used to haunt my dream with super big "hokomeh" text in my bedroom wall. And also with you twin rascal, Delput. Wish I can see you again someday before I die.

    ReplyDelete