Friday, 23 March 2012

Lucid Dreaming

Beberapa minggu terakhir, 9gag lagi seru-serunya ngebahas soal Lucid Dreaming. Apa sih lucid dreaming? Kalo readers pernah nonton Inception, konsepnya kurang lebih seperti itu, bisa ngontrol apa yang terjadi dan apa yang kita lakukan di mimpi.

Ada berbagai metode yang bisa dilakukan buat Lucid Dreaming. Info selengkapnya boleh langsung googling aja, I'm not here to tell you how to do it. Gue mau curcol soal Lucid Dreaming!

Gue sebenernya enggak tau kalo apa yang sering gue lakukan di mimpi itu namanya Lucid Dreaming. Gue sering sadar kalo gue lagi di mimpi dan gue bisa melakukan apa aja yang gue mau. Tapi, gara-gara lucid dreaming ini gue jadi udah jarang bisa deja vu (since gue yang ngatur apa yang terjadi di mimpi).

Gue pertama kali tau metode lucid dreaming ini dari Vivi yang lagi iseng-iseng browsing sebuah blog yang rada mistis. Isinya cara supaya bisa ngelihat aura, cara supaya bisa lucid dreaming, dan lalala lainnya.

Jauh sebelum Vivi nunjukkin itu, gue sering megalami apa yang disebut dengan sleep paralysis, dimana waktu tidur, gue kebangun, tapi yang bangun baru otak gue, tubuh gue belom. Jadinya, gue ga bisa gerak.

Kalo menurut kepercayaan orang-orang di Indonesia, sih, sleep paralysis ini adalah kejadian "ketindihan", dimana katanya ada "setan" yang nindih kita pas tidur. Dulunya sih gue percaya sama ini, semenjak dikasih tau Vivi kalo itu adalah cara pertama buat bisa ngontrol mimpi kayak di Inception. Gue jadi penasaran dan gue cobain terus tiap kali kena sleep paralysis.

Sleep paralysis sendiri bukanlah pengalaman  yang menyenangkan. Serem, bener-bener serem! Sadar tapi ga bisa gerakin tubuh itu rasanya kelewat serem. Belom lagi kadang ada sensasi ketarik dan teman-teman lainnya. Waktu dulu, jaman gue belom kebiasa, gue biasanya panik sendiri, trus doa (setidaknya hal ini membuat gue dekat dengan Tuhan...). Kalo dihiraukan, serem juga. Bisa kedengeran suara-suara aneh (yang gue ga tau dateng dari mana) dan kadang bisa ngelihat bayangan-bayangan gitu. Beneran dah, SEREM!

Sebenernya gue ga pernah 100% bisa masuk fase lucid dreaming ini. Butuh fokus buat bisa masuk di antara gelombang sadar dan gelombang tidur otak ini. Kadang gue terlalu menghiraukan sampe gue ketiduran, ato gue terlalu "sadar" sampe akhirnya kembali ke alam sadar.

Gue sendiri sering bisa ngontrol mimpi gue, tapi ga langsung dari awal (ga tau ini masuk ke lucid dreaming ato bukan). Pas di tengah-tengah mimpi gitu gue suka  nyadar "eh gue lagi di mimpi ya?" lalu gue memanfaatkan situasi buat melakukan apa yang gue mau (nguntitin orang yang gue demen, misalnya.. xD).

Yang paling gue demen itu kalo gue mimpi bisa terbang! Apalagi kalo gue "sadar", jadi gue bisa menikmati melayang di atas tanah. Tapi, biasanya kalo gue sadar gue lagi mimpi, biasanya bentar aja gue langsung bangun. Di sinilah ga enaknya gue.

Fase kedua dari lucid dreaming ini adalah OBE (Out of Body Experience). Ini adalah keadaan dimana tubuh sama jiwa kita terpisah. Jiwa kita keluar dari tubuh dan kita kayak melayang gitu bisa terbang2 di sekitar tubuh kita. Ngebayanginnya aja udah serem, sih, sebenernya. Gimana nanti kalo ga bisa balik??!!

Buat OBE ini, sepertinya (sepertinya, lho) gue pernah ngalamin. Dimulainya dari sleep paralysis juga. Berhubung kalo sleep paralysis gitu gue suka kayak mo ngangkat tubuh gue, tapi sepertinya gue malah mengangkat jiwa gue keluar dari tubuh. :|

Pertama kali kayaknya waktu gue live in di desa. Waktu tidur siang sendiri di ruang tengah (berhubung adek gw lagi sakit, jadinya tidur di kamar). Entah kenapa di sana tiap kali habis makan gue selalu ngantuk berat!! Gimana gue ga gendut pulang-pulang dari sana??!! Ibu gue (seperti biasa), ngabur entah ke mana buat cari pakan kambing (dan gue sama adek gue ga pernah diajak!!!!). Sambil nonton TV, gue ketiduran (sumpah nenek-nenek abis gue bisa ketiduran sambil nonton TV). Mungkin karena gue sendiri ga mau tidur kali, ya, makanya gue tidurnya setengah sadar gitu. Akhirnya sleep paralysis. Jiwa gue sepertinya berhasil keluar masuk tubuh gue agak beberapa kali, soalnya rasanya melayang banget (dan gue belom pernah mengalami OBE sebelumnya). Waktu ibu gue balik ke rumah kayaknya gue masih tidur, tapi jiwa gue di luar tubuh, jadi gue ngelihat ibu gue masuk, trus keluar lagi... trus gue kembali ke dalam tubuh dan kembali ke realita. Serem, lho.. serem bener. Mana gue lagi di desa gitu... :|

Kedua kalinya gue OBE waktu di UKS, tepar, sakit. Sebenernya itu gue udah tidur dengan nyenyaknya rada tiga jam pelajaran. Tumben-tumben bisa tidur nyenyak di UKS. Mungkin karena keluar peraturan baru kalo guru masuk TU ga boleh ngelewatin batas mana gitu (berhubung TU sama UKS jadi satu). Biasanya sih itu ruangan berisik banget!! Mau istirahat ga bisa. Malah tambah sakit kepala!! Dan mungkin karena hari itu ga ada Bu Eri juga kali, ya? (ehehehe).

Eniweis, OBE gue yang kedua kali ini juga kayak yang pertama (berhubung ga biasa), gue ga 100% sadar gitu. Yang pasti sih gue berhasil keluar dari tubuh trus ngeliat ada anak-anak nyariin ibu siapa gitu di TU. Gue setengah-setengah gitu tidurnya juga gara-gara di luar berisik, lagi jam istirahat. Sambil setengah Lucid setengah OBE gitu gue malah mimpiin si ganteng dateng ke sekolah, trus anak-anak pada baris di lapangan kayak mau upacara gitu. Sampe sekarang gue ga ngerti kenapa gue tiba-tiba mimpiin si ganteng. ehehehe...

Ngomong-ngomong soal si ganteng gue udah sangat jarang mimpiin dia. :(
Apa gara-gara gue mulai bener-bener demen kali ya sama dia??
Soalnya sebelum gue demen sama dia, gue pernah dua kali mimpiin dia nyium gue... *madesu di pojok ruangan*
Sayang sekali sepertinya ga bakal jadi kenyataan... dia terlalu jauh... dan sepertinya dia ga bakal ngelirik gue juga (kemungkinan gue bukan tipe dia atau dia emang bener-bener ga demen cewe).
Galau deh saya... T,T

No comments:

Post a Comment