Friday, 24 June 2011

Nyarden!

tiba-tiba teringat alasan gue ga mau masuk Joger waktu itu: Ikan Sarden!
bukan, bukan gara-gara ada ikan sarden di Joger. di Joger ga ada ikan sarden! tapi, keadaan Joger yang selalu ramai itu yang ngebuat gue merasa seperti ikan sarden (empot-empotan dalam satu kaleng kecil bersama ikan-ikan lainnya... plus saos).
eniwei, banyak yang lebih suka bilang rame-rame gini bikin kayak ikan asin, tapi tetep gue lebih suka sama sarden, lebih tasty...

OKE, yang mau gue bahas kali ini adalah PRJ! (liburan ini gue bakal banyak ngepost travel reviews yaa! :D)

kemarin, gue ke PRJ bersama cici spupu gue n pacarnya. truth be told, seumur gue hidup di Jakarta, kemarin itu pertama kalinya gue dateng ke PRJ. dan gue kayak orang gila terkesima melihat segala yang ada di sana. orang-orangnya, luasnya itu tempat, barang-barang yang dijual, DISKONnya, kerak telornya, dan rumah hantunya.

oh, iya, mungkin ada readers gue yang ga tau PRJ itu apa, PRJ itu Pekan Raya Jakarta aka Jakarta Fair. diadainnya setahun sekali selama sebulan penuh di pertengahan Juni sampai Juli. diadainnya di bekas Bandara Kemayoran. for more information, click here. Dan, buat yang juga baru tau kalo di sana itu bekas bandara (gue ga baru tau juga sih, gue udah lama tau di situ bekas runway, tapi ga tau ada gedung bandaranya ← masa ada runway ga ada bandara), di sini cerita tentang Bandara Kemayoran (enggak, bukan cerita horor kok).

gue sampai di PRJ sekitar jam 17 lebih-lebih. buat muter n parkir dari arah ancol itu lama banget, cuz macetnya OMG! AKHIRNYA, setelah berhasil dapet tempat parkir, pacarnya cici spupu gue ngantriin buat beli tiket. antrian beli tiketnya pun ga manusiawi. :/
setelah beli tiket, ngantri masuk. berasa mau naik kora-kora tau ga sih di sini! antriannya, OH!

eniwei, setelah perjuangan menghadapi segala antrian ga manusiawi, kami berhasil juga masuk areal PRJ. hal yang gue sadari pas baru masuk adalah: KERAK TELOR DI MANA-MANA! seriusan! kiri kanan gue jalan kerak telor semua....
dan katanya, yaa, biaya sewa yang harus dibayar sama abang-abang kerak telor itu 10jt per bulan (alias sepanjang berjalannya PRJ).

terus, gue ngeliat mbak-mbak SPG di sana yang mengingatkan gue tentang payment per hari kalo kerja di PRJ. kata temen gue, jadi SPG di PRJ sehari bisa dapet sampe 300k. lumayan, lho! dan gue sangat tertarik! kalo liburan ini gue bener-bener ga ada kerjaan, gue bersedia dah jadi SPG di sana! :3

stand pertama yang kami datengin adalah KERAK TELOR! berhubung ada banyak banget yang jualan kerak telor, kami mampir aja ke tempat yang terdekat. di sana kerak telor dijual Rp 15.000,00. agak lebih mahal kalo dibanding yang biasa gue beli di Duta Merlin. yaaaaaaa, namanya juga biaya sewa 10jt. hahaha.

abis makan, penjelajahan PRJ kami dimulai dari Gambir Expo. di sana banyak toko-toko macem Baleno, Samuel & Kevin, Body Shop, dll yang ngediskon gila-gilaan. sebenernya gue niat nyari baju, tapi empot-empotan euy, di dalem sana. jadi, numpang lewat aja, deh.

di penghujung jalan utama Gambir Expo, ada pameran mobil (kalo ga salah) di tengah-tengahnya dan banyak toko-toko lagi. ada sebuah toko jeans yang gede banget. terus, dia niat lagi, sewa DJ. pas lewat di depan itu toko, gue iseng bilang ke DJnya (walo gue yakin dia ga denger), "mix in lagunya Above & Beyond dong!"
tapi, gue yakin dia ga akan denger dan agak susah harapan gue terkabul karena biasa DJ-DJ (yang sering gue temui) ga terlalu suka ngemix trance. tapi, setelah beberapa meter gue berjalan meninggalkan itu toko, tiba-tiba terdengar samar-samar lirik lagu Sun & Moon. lalu gue jadi hiper sendiri. "KYAAAAAAAA~ BENERAN DIA NGEMIX LAGUNYA A&B!!! KYA KYA KYAAAA~"
terus gue dilihatin gaje sama cici spupu gue n pacarnya.

lalu kami sampai di tempat yang ada replika borobudurnya. pergi ke sana cuma buat foto-foto, lalu kembali ke daerah Gambir Expo. terus si Koko (pacarnya cici gue)  berniat ke toilet. gue ama cici gue juga pengen ke toilet, jadinya pergilah kami mencari toilet.

review toilet cewe:
JOROK OMG!
waktu mau masuk toilet, itu penuh banget! antrian sampai ke luar! dasar emang di Indonesia antrian toiletnya nungguin di depan pintu, akhirnya gue masuk aja cari antriannya yang tinggal nunggu dua orang. di depan gue, adalah segeng mpok-mpok betawi (yang asli kocak abis). mereka masuk toilet sekali berdua. udah gitu, berisikkkkk banget! ngakak sana sini. eniweis, nungguin mereka itu lama banget! mana di dalem toilet itu pengap ga nahan!
akhirnya berhubung si mpok-mpok betawi yang di depan gue ga selesai-selesai, gue nimbrung di tempat cici gue (iya, jadi satu toilet berdua).
di dalem itu toilet, lebih horor daripada di luar. atapnya bocor! terus netes-netes kena gue n cici gue..................... dan kami berdoa itu bukan urin.....................

akhirnya kami berhasil keluar dari neraka toilet itu setelah 20 menitan.

lalu perjalanan menjelajah PRJ dilanjutkan. kami pergi ke arah gedung JIExpo. sebelum masuk ke sana, nyetop di stand fiesta buat nyobain jajanan goreng-gorengannya. ENAK LHO! tapi dasar gue motto hidup sehat, gue cuma nyomot sedikit aja. hehe.

lalu kami masuk via pameran hape. terus gue ketemu Limbad. iya, Limbad yang di The Master! ternyata orangnya pendek, yaa, terus ga serem-serem amet. *peace Master Limbad, saya jangan disulap!* burung hantunya ga ada. pergi ke mana yaa?? padahal gue pengen lihat burung hantunya.

eniweis, Limbad ke sana bukan mau belanja, dia disewa sama sebuah toko hape (dengan merk apa saya ga tau karena sangat tidak umum) buat meramaikan acara lelang mereka. enggak terlalu tertarik, kami keliling-keliling lagi dan berhenti di stand Samsung. si Koko mau ikutan lelang hape di sana, Samsung Galaxy Mini, tapi akhirnya gagal karena harganya naiknya terlalu cepat dan mendekati harga di pasaran, jadi batal deh.

lalu kami berjalan lagi sampai ke aksesoris mobil, si Koko beli sound system buat mobil. lalu kami keluar. di sana ramai sekali karena ada konser saya ga tau siapa. buat jalan aja susah banget ngelewatin lautan manusia. sampe sesek nafas gue!

pendeknya, buat pergi ke ruangan di sebrang gedung (tempat pamerannya Pemda DKI*kalo ga salah*), butuh perjuangan. harus berani ngebody orang, sebelum dibody balik dan berakhir diinjek-injek manusia-manusia lain di sana yang sejujurnya ga pernah ngeliat ke mana mereka jalan...

eniwei, di ruangan tempat pamerannya Pemda DKI ada pameran MRT. and i was like: "seriusan Jakarta mau bikin MRT?? emang bisa??"
yaaaa, gue agak kurang (baca: ga) percaya sama pemda DKI. dari kemaren proyek-proyek buat mengurangi kemacetan ga ada yang berhasil. dari Busway, yang malah nambah macet, sampe saya ga tau deh apa lagi. yang pasti itu monorail ga jadi itu salah perusahaan swasta yang mau ngebangunnya (kata mereka sih itu diurusin swasta, ga tau juga apakah mereka tidak mau disalahkan atas adanya tiang-tiang gaje yang tak berguna di sekitar jakarta?). eniwei, gue tetep salahin pemerintah sih buat monorail itu. kenapa? soalnya pemerintah kan yang ngeluarin ijin buat pembuatan monorail itu! kalo ga ada ijin, ga mungkin sekarang ada tiang-tiang nganggur yang dipake jadi kanvasnya para seniman graviti (atopun orang yang butuh media buat corat coret, tapi ga punya kertas) sekitar Jakarta. eniwei, go to hell aja lah itu monorail. ngerusak pemandangan aja.....

dari situ kami kembali muter-muter sampai kami menemukan HALL TEMPAT PAMERAN KOMPUTER DAN AKSESORIS KOMPUTER. dan gue bahagia.
mulailah pencarian headphone dan mouse wireless gue dimulai. it was fun! harganya murah-murah! gue berakhir beli earphone aja daripada headphone gede-gede. lumayan bagus, bassnya lumayan, harganya juga murah (banget! *buat ukuran earphone bagus*) only 75k. lalu gue beli mouse wireless WARNA OREN (kebetulan ada warnanya oren.. :P) only for 65k. lalu, kertas foto glossy 20 lembar cuma 20k. sebenernya kalo masih boleh, gue mau di sana aja terus sampe tiga jam kemudian, tapi itu udah jam setengah sepuluh, dan kami belum makan, so, we went out of the building.

lalu kami melewati sebuah gedung dengan dekor hantu-hantu. ga usah mikir, semua orang juga bakal tau itu tempat apaan. ITU RUMAH HANTU! judul rumah hantu di PRJ ini adalah Misteri Hantu Kemayoran. berlatar belakang Bandara Kemayoran yang sudah ditinggalkan, lalu sekarang jadi tempat dugemnya para hantu Indonesia yang ga nahan serem-serem! btw, buat yang ga tau, rumah hantu di sini sama UGD Benteng Kota yang waktu itu ada di Sumarecon Mall Serpong itu dibuat sama Rumah Hantu Indonesia.

review rumah hantu:
SEREM BANGET! gue, sebagai pecinta horor dan fans beratnya Mbak Kunti, mengakui kalo itu rumah hantu serem (walo ending-endingnya gue ngakak sendiri).

jadi begini ceritanya, gue berhasil ngajakin cici gue n pacarnya buat masuk rumah hantu. padahal waktu pertama-tama mereka ga mau (haha). tiketnya 25k buat berdua. berhubung kami cuma bertiga, tetep kudu bayar 50k karena itu satu tiket buat berdua. alhasil gue berduanya sama Mbak Kunti aja deh.
DAN kami naik ke lantai dua. rumah hantunya di lantai dua. ga nyangka, ternyata itu antrian rame banget! mana udah malem, jam setengah sepuluhan, bo! lumayan lahh, menambah seremnya suasana!
setelah dengan sabar menanti dan gue tiba-tiba berubah hiperaktif dan dalem hati ngetawain orang-orang yang histeris sampe glinding-glinding pas keluar dari itu rumah hantu.
DAN akhirnya kami berhasil masuk. bau pertama yang menggelitik saraf penciuman gue adalah bau kemenyan. mantep ga tuh? bener-bener menceriakan (baca: menyeramkan) suasana!
eniweis, dari pertama-tama gue bahagia bahagia aja ngeliatin hantu-hantu di dalem sana, macem cewe baju putih rambut acak-acakan sampe bapak-bapak muka ga karuan. pas tengah-tengah ke ending gue makin takut. bukan, gue ga takut ama tampang dia, tapi dari cara dia ngagetin itu loh! ga tau itu bunyi kayu ato besi diketokin ke apaan, pokoknya tiba-tiba ada bunyi "TOK" kenceng banget trus tiba-tiba dia udah ngejar kita. jadilah gue jantungan plus kuping lumayan pengang. dan makin pengen buru-buru keluarlah gue.

setelah dari rumah hantu, kami cari makan dulu sebelum pulang. kembali ngelewatin stand Fiesta, kami kembali jajan. gue nyomot dua lagi sosis ayamnya. sosisnya enak loh! tapi kemaren gue cari di supermarket ga ada tuh keluaran Fiesta. :(

lalu, di panggung deket sana, ada kalo ga Syahrini ya KD lagi manggung (maaf ya, saya agak buta artis Indo sekarang... udah jarang nonton TV ataupun denger lagu-lagunya). dan lagi, lautan manusia. ogah jadi sarden malem-malem, nyelip-nyeliplah gue dkk di tempat yang agak lapang manusia.

lalu kami memutuskan buat makan Gokana Teppan aja yang terdekat. sayangnya, paketnya udah banyak yang abis. tinggal satu paket doang yang available. gue makan seporsi parohan ama cici.

setelah makan, kan tadi rencananya langsung pulang, tapi gue mau balik ke sebuah toko baju. gue melihat sebuah long sleeved kawaii waktu ngelewatin itu toko. dan pergilah kami ke sana dengan mampir sebentar di abang kerak telor buat takeaway. sesampai di toko baju yang saya lupain namanya itu, ternyata masih lumayan ramai, tapi ga seramai waktu gue ngelewatin pertama kali. padahal udah hampir jam 11, loh.

dan pergilah gue hunting baju yang gue taksir itu. dan gue menemukannya! ada dua warna, ijo sama pinky. entah kenapa gue lebih tertarik sama yang pink. cici gue pun bilang yang pink lebih lucu. akhirnya gue nyoba dulu dari ukuran M. antara bajunya yang kecil, ato guenya yang gendut, ato gue lagi keringetan, lengan gue kaga lolos! lalu, gue cobalah yang L. lumayan, dibanding M, tangan gue lolos, tapi kendalanya sekarang adalah lengannya ga bisa disesuaikan supaya bagian badannya masuk seluruhnya. gue yakin itu seret gara-gara keringet (HAHA). akhirnya gue beli aja itu baju tanpa pikir bakal muat ato ngepres. dan pulanglah kami!

sampe di rumah, gue udah kena AC, dan ga keringetan, gue cobain lagi tu baju. ternyata muat agak ngepres... :/
well, untung gue beli yang L, kalo M udah harapan gue wariskan ke orang lain..
eniwei, hal lain yang gue sadari tentang itu kaos adalah.... warnanya persis sama sama baju pinky kakak gue pas di Quicksilver... motifnya doang rada beda, walo masih setrip-setrip. and i was like: APA?! untung ini baju baru gue beli, kalo udah ada dari dulu n dipake pas gue di Bali, harapan diprotes semua orang deh ← kaga bisa bedain mana si kakak n mana gue. sedang waktu gue pake pinky setrip putih pas di Bali itu aja juga udah pada bingung. dan sebenernya gue bingung kenapa pada bingung mana si kakak mana gue, padahal beda banget itu baju! rambutnya juga beda, rambut gue pendek, rambut si kakak panjang. tinggi kami pun berbeda... well, yaudah lah...

OVERALL, PRJ is a whole new experience for me. it was great, it was fun, dan kesan yang paling ditinggalkan adalah IKAN SARDEN.
eniwei, gue mau kritik, pemilahan sampah di sana kurang (ato lebih tepatnya ENGGAK) jalan. ga berguna tu ada tong sampah organik sama anorganik. lalu, buat masalah air minum agak global warming. di sana jual air mineral botol 600ml Rp 10.000,00 dapet tiga. gue saranin gimana kalo orang ga usah disuruh beli mulu tiap kali mau minum, gimana kalau suruh si orangnya simpen botolnya, terus kalau mau beli lagi sedia refill Rp 2.000,00 sebotol. kan ga merugi juga, tuh. mengurangi sampah plastik pula.

betewe, gue mengubah lagi playlist di sebelah jadi lagu rada-rada galau (maklum, gue akhir-akhir ini galau mulu).
dannnn.. untuk beberapa hari ke depan gue bakal off lagi. (buat bikin satu posting ini aja sebenernya berapa hari nih). dan gue akan kembali dengan travel review lainnya!

No comments:

Post a Comment